Minggu, 08 Desember 2013

Matikan TV Anda!

udah lama banget gw gak nyentuh blog ini, banyak hal yang uda berubah semenjak terakhir kali gw nge blog:

- gw udah kuliah semester 5 di (Alhamdulillah) jurusan yang gw pengen
- rumah udah pindah lagi, dari cilacap ke jakarta, daerah kemayoran
- lumayan aktif di unit
- gw ditunjuk jadi admin sebuah page yang ngebahas info2 snmptn dan sbmptn
- udah ganti deck yugi (eh)
- udah gak main vg (ini apa lagi)

tapi ada beberapa hal yang gak berubah
- masih gak hapal jakarta, karena jalan rumit dan gw tinggal di jakarta juga pas liburan doang, dengan catatan gw baru bener2 pindah pas pertengahan-akhir liburan gw
- pasangan (ehm)
- masih dukung Manchester United, mau menang kek, mau degradasi kek, bodo amat (Glory Glory Man United!)
- masih belum nyentuh palembang sejak pengumuman snmptn 2011
- masih jarang nonton tv indo, kecuali ada bola

intinya, I'm still the idiot I use to be


mengenai poin 1-4, gak terlalu penting sih untuk dibahas. after all, that's based on my personal reference. tapi untuk poin 5, gw yakin bukan cuma gw aja yang berpendapat demikian. setelah melihat siaran2 tv indo, gw sempet kepikiran gini: kayaknya enak jadi staf KPI, cuma tinggal ngecap lulus sensor, beres. walaupun pikiran ini gw tarik kembali karena situasi bisa jadi lebih buruk kalau gak ada KPI. tapi, bukan berarti gw ngomong KPI bener2 udah bekerja dengan layak.

memang, sebagai sebuah perusahaan, mereka (perusahaan tv indonesia) pasti selalu mengincar keuntungan agar perusahaan bisa berjalan. mereka punya banyak karyawan untuk digaji. tapi bukan berarti mereka berhak mengorbankan kualitas tayangan untuk mengejar kuantitas penonton.

entah kenapa, gw nyoba ngapalin channel2 tv indo. bukan biar bisa cepet ganti channel, tapi biar bisa gw hindarin. siaran2 di tv indo, apalagi mulai masuk jam premier (antara jam 6 - 10 malam) itu bener2 dikit yang bisa ngedidik. kelihatan banget semua ngejar rating.

seakan ini belum cukup menyiksa? mari kita lihat beberapa pemilik perusahaan tv Indonesia. hampir semuanya sudah digadang2 menjadi calon presiden, atau setidaknya memiliki koneksi politik. gw mungkin gak belajar hukum, tapi setidaknya gw tahu, yang namanya media itu harusnya NETRAL. tidak ada intervensi/campur tangan dari orang2 politik.

mulai dari penyakit lama tv indo, sinetron yang sangat tidak mendidik dan panjangnya luar biasa. kasarnya, satu episode bisa 1-2 jam dan 1 season bisa sampe 50 episode. demi apapun, hindari sinetron ini. diduga bisa mengakibatkan kecanduan dan kerusakan otak permanen. mau bukti? gw ada, tapi gw lebih senang untuk gak ngepublish-nya.

lalu ada tayangan-yang-ngajak-penonton-goyang-gak-jelas. karena gw udah jarang nonton tv, gw cuma sempet nonton ini sekali waktu nungguin nasi goreng di warung. durasinya berapa lama sih? 1/2 jam? meh, ngajak penonton yang dibayar untuk goyang2 gak jelas di tribun? for what? jangankan 1 bulan, 15 menit gw nonton pun gw udah eneg duluan (15 menit itu durasi gw nungguin nasi goreng waktu itu, dan gw gak punya kuasa buat ngubah channel nya). kayaknya channel yang nyiarin itu uda kehilangan ide semenjak kehilangan salah satu staf kelas atasnya.

ada juga yang niatnya bagus, nayangin cerita rakyat Indonesia. sayangnya niat ini tidak diikuti dengan kemampuan mengolah grafis yang mumpurni. entah kenapa karena ini sengaja, atau mereka emang gak mampu. alasan terakhir agak susah dicerna, karena selama lebih dari 5 tahun masa teknologi yang dipake gak berubah2 sih?

tapi yang paling bikin gw kesel sebenernya tayangan olahraga nya. kenapa? sebagai contoh, pas pertandingan bola, bola lagi di kotak penalti, lagi kemelut. dan si komentator nya dengan gak berdosa ikut panik dan ngomong "apa yang terjadi pemirsa.." kamu dibayar buat ngejelasin pertandingan, BUKAN untuk nanya balik ke penonton yang gak bakal jawab! intinya, komentator nya gak ngejelasin pertandingan dengan jelas. entah apa yg terjadi kl mereka kerja di channel radio.

entahlah, mungkin sekarang saat yang tepat untuk mematikan tv anda. terlalu banyak pengaruh negatifnya kl gak hati2, hitung2 hemat listrik juga.

selamat siang~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar