Senin, 13 April 2015

A Little Riddle from Singapore's Elementary School

jadi, pagi ini gw buka fb dan ngeliat sebuah post yg menarik. post itu isinya sebuah artikel mengenai soal matematika SD di singapur yang.. well, bukan untuk anak SD kebanyakan.

sayangnya, yang nge-share itu belum friend di fb sama gw, post itu muncul di home karena ada temen yg comment di post itu. akhirnya pas gw balik ke kosan dan mau nyari2 post itu lagi uda hampir mustahil, padahal di post itu uda ada yg comment jawabannya *sigh

beberapa menit kemudian, ada temen lain yg nge-share link berita tentang soal itu. ini linknya

buat yg males buka link-nya, foto soalnya kayak gini, mungkin ada yang mau nyoba jawab, hitung2 refreshing dikit.

soal un bakal kayak gini gak?

sebelumnya, di post yg tiba2 muncul di home gw ada yg ngasi link pembahasan soal yg mirip dengan soal ini. ini linknya.

berhubung gw gak ngerti dengan penjelasan di link itu, disini gw pengen nyoba ngejawab soal/puzzle ini dengan cara gw sendiri. gw bakal ngejawab soal ini dengan menggunakan teori eliminasi berdasarkan analisa dari soal yang diberikan. atau lebih dikenal dengan sebutan: ngarang.

mungkin penjelasan dari gw lebih susah dimengerti, karena itu sebelumnya gw minta maaf.

so let's get started.

untuk mengingatkan lagi, ini list tanggalnya

May 15                  May 16                   May 19
June 17                  June 18                                
July 14                   July 16                      
August 14              August 15              August 17

Albert hanya diberitahu bulan, sementara Bernard hanya diberitahu tanggal/hari nya. dan gw berasumsi kl semua yang dikatakan Albert dan Bernard itu benar/tidak bohong. kl misalnya ada yg bohong bakal lain lagi jawabannya, bisa make truth table buat jawab itu.

Teori 1

berhubung gw agak gak sabaran, gw langsung ngelihat apa yang diomongin Bernard:

"at first i don't know when Cheryl birthday is, but i know now"

berhubung Bernard diberitahu tanggal dan dia tahu jawabannya, maka gw langsung berkesimpulan ultah Cheryl jatuh pada 18 Juni, karena gak ada tanggal 18 di bulan2 lainnya.

sayangnya, teori ini runtuh karena 2 hal:
1. Ada 19 Mei dimana tidak ada tanggal 19 di bulan lainnya, dan gw gak nemu alasan yang bisa ngasi jawaban antara 18 Juni dan 19 Mei.
2. Albert berkata, "but i know that Bernard does not know too", berarti Bernard seharusnya gak bisa tahu kapan ultah Cheryl hanya dengan tahu tanggal saja.

so, teori 1 runtuh, tapi apa yang dikatakan Albert ngasi gw ide untuk teori 2, dimana gw yakin ini teori yang benar

Teori 2

pertama, kita lihat apa yang dikatakan Albert pertama kali:

"I don't know when Chery birthday is, but i know that Bernard does not know too"

wajar saja Albert gak tahu jawabannya hanya dengan mengetahui bulannya. misalnya dia tahu Cheryl ultah di bulan Juli, masih ada dua kemungkinan jawaban yaitu 14 Juli atau 16 Juli.

di alasan ke-2 teori 1 gw nulis gini:

2. Albert berkata, "but i know that Bernard does not know too", berarti Bernard seharusnya gak bisa tahu kapan ultah Cheryl hanya dengan tahu tanggal saja.

logikanya, Bernard bisa langsung tahu jawabannya hanya dengan tahu tanggalnya. berbeda dengan Albert, Bernard bisa saja diberitahu Cheryl bahwa ultahnya jatuh pada tanggal 18 atau 19 dan dia akan langsung tahu tanggalnya, karena hanya ada masing2 1 kemungkinan (18 Juni atau 19 Mei).

singkatnya, Albert tahu Bernard tidak akan diberitahu Cheryl bahwa ultahnya jatuh pada tanggal 18 atau 19, yang berujung pada kesimpulan (1):

"ultah Cheryl jatuh pada bulan dimana tidak ada tanggal 18 atau 19, yaitu pada bulan Juli atau Agustus" (1)

kl ada yang bingung, misal Albert diberitahu Cheryl ultahnya jatuh pada bulan Mei/Juni, seharusnya Albert gak bisa memastikan kl Bernard gak tahu, karena di bulan Mei ada tanggal 19 Mei sementara di bulan Juni ada tanggal 18 Juni, dimana Bernard akan langsung tahu jawabannya.

sampai sini, kita lihat apa yang dikatakan Bernard

"at first i don't know when Cheryl's birthday is,"

ini mempertegas kesimpulan (1) tadi, dimana awalnya dia tidak tahu karena dia diberitahu tanggal selain 18 atau 19, sementara tanggal 14, 15, 16 dan 17 masih memiliki 2 kemungkinan bulan, tapi Bernard juga berkata

"but i know now"

yang berarti, dia tahu jawabannya setelah mendengar apa yang dikatakan oleh Albert.

kenapa?

setelah kesimpulan (1), dimana kita menyingkirkan bulan Mei dan Juni, maka tanggal yg masih memenuhi syarat tinggal 5:

May 15                  May 16                   May 19
June 17                  June 18                                
July 14                   July 16                      
August 14              August 15              August 17

dari 5 tanggal ini, Bernard tahu jawabannya, yang berujung pada kesimpulan (2):

"ultah Cheryl tidak jatuh pada tanggal 14" (2)

jika ultah Cheryl jatuh pada tanggal 14, maka Bernard seharusnya belum tahu jawabannya karena masih ada 2 kemungkinan bulan, bulan Juli dan Agustus. maka tanggal yang benar adalah tanggal 15, 16 atau 17. setelah kesimpulan (2), tanggal yang mungkin tinggal 3

May 15                  May 16                   May 19
June 17                  June 18
July 14                   July 16
August 14              August 15              August 17

menanggapi Bernard, Albert berkata:

"then i also know when Cheryl's birthday is"

disini Albert juga sudah tahu jawabannya, berdasarkan apa yang dikatakan oleh Bernard. jika Albert diberitahu ultah Cheryl jatuh pada bulan Agustus, maka Albert seharusnya masih tidak tahu karena Albert tidak tahu kapan tanggalnya, sementara masih ada 2 kemungkinan pada bulan Agustus yaitu pada 15 Agustus dan 17 Agustus. hal ini berujung pada kesimpulan (3):

"ultah Cheryl jatuh pada bulan Juli" (3)

dari kesimpulan (1), (2), dan (3), maka didapat jawabannya adalah: 16 Juli

that's it folks. don't looking forward for my next post in here because maybe it'll take another year for that, depending on situation and (mostly) my mood :p

p.s. : buat yang lagi menghadapi UN, selamat mengerjakan dan semoga sukses, hati2 kuncinya ketahuan

UPDATE:

jadi berita tentang soal ini rupanya udah nyampe ke web Kompas, bahkan jawaban soal ini udah jadi headline Kompas.com (kayaknya menarik kl kemaren gw ngasi link post ini ke redaksi Kompas hehe). pas gw liat page fb Kompas.com, ada komentar menarik yang mungkin bisa dijadikan "solusi" alternatif dari soal ini.

ditandai kotak merah

foto lebih jelasnya:

cuma bercanda, jangan dianggap serius apalagi dilakukan~

UPDATE 2

ternyata kuis Cheryl's birthday ada sequel-nya, kali ini lebih susah dan lebih rumit (susah sama rumit beda kl menurut gw). kl penasaran, silakan buka pembahasannya disini

UPDATE 3

jadi cerita awal dari soal ini adalah seorang presenter TV Singapura bernama Kenneth Kong nge-post soal ini di fb-nya. dia bilang kl soal ini ditujukan kepada anak SD kelas 5 di Singapura. kemudian beberapa waktu kemudian Kong mengkoreksi pernyataan tersebut. soal itu adalah salah satu soal dari 2015 Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO), sejenis olim matematika di singapura yang ditujukan untuk anak berusia 14 tahun.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar