Rabu, 09 Mei 2012

[Tip & Trik] SNMPTN Jalur Tulis

sekedar iseng nge-post, karena home fb-ku mulai dipenuhi dengan doa2 dari anak2 kelas 3 SMA yang sebagian besar merupakan kawan2 seangkatan (dan semoga berubah jadi teriakan Alhamdulillah saat pengumuman jalur undangan)

tentunya aku berharap temen2 yang daftar SNMPTN jalur undangan diterima, jadi mereka nggak perlu meng-galau lagi untuk SNMPTN jalur tulis (siapa yang nggak?). tetapi, tanpa bermaksud buruk dsb, sekeras apapun usaha kamu, Tuhan bisa saja mempunyai rencana lain, siapa tahu dia pingin kamu 'sedikit' berusaha untuk lulus melalui jalur tulis.
 jalur tulis itu, jujur, susah. tapi bukan nggak mungkin untuk dilewati. kalau dulu jalur tulis identik dengan tingkat kelulusan rendah dan level intelegensi lawan lebih tinggi dibanding monas, sekarang, secara perlahan label itu mulai menghilang. mengapa demikian?

pertama, mari kita lihat dari tingkat kelulusan. kalau dulu jalur tulis hanya diberi kuota 10% dari PTN, sekarang jalur tulis diberi kuota 40% oleh PTN. 4 kali lipat lebih besar. bukankah itu menyenangkan?

kedua, level intelegensi. secara logika, dengan asumsi nilai di rapot bukan hasil manipulasi, anak2 yang pintar2 sudah diterima terlebih dahulu lewat jalur undangan. tanpa bermaksud menyinggung, dengan logika ini, anak2 yang selama ini di sekolah tidak terlalu menonjol prestasinya bisa bersaing untuk meraih kursi PTN yang diinginkan

Impossible is Nothing, kalau kata Adidas.

tetapi, kembali ke awal, jalur tulis itu susah. karena saingan kita nggak akan semudah itu memberikan tiket masuk PTN secara cuma2. yah, karena nggak sedikit dari mereka yang sudah menyadari 2 fakta yang sudah kutulis tadi.

dari aku sendiri, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi jalur tulis ini . beberapa sudah aku coba sendiri tahun kemarin, jadi tidak menimbulkan efek samping (?)

1. pilih jurusan sesuai kemampuan keinginan
banyak orang yang ngeliat tingginya PG jurusan favorit menjadi sebuah alasan supaya kita nggak milih jurusan itu. sebenarnya, apa salahnya untuk dicoba? bisa saja dengan belajar selama1-2 bulan kita bisa mencapai nilai PG yang diinginkan. selain itu, dengan adanya sistem SNMPTN yang baru ini, nilai PG beberapa fakultas favorit turun lumayan besar, jadi peluang untuk masuk menjadi lebih besar, tetapi tetap kerja keras sangat dibutuhkan disini.
catatan: PG untuk tahun ini mungkin nggak bakal jauh berbeda dari PG 2 tahun lalu, jadi tetap waspada

2. santai dan fokus
belajar memang sangat penting untuk menghadapi jalur tulis. banyak yang memilih untuk mengurung diri di kamar dengan tumpukan buku2 dari kelas 1 sampe kelas 3 (kalau ini anime mungkin mereka bakal make ikat kepala). aku sendiri lebih milih cara belajar yang santai, mungkin sambil dengerin musik klasik, atau hal lain yang bisa bikin kamu rileks. jangan lupa untuk tetap fokus saat belajar

3. saingan BISA dikalahkan
seringkali kita berpikir kalau saingan kita di jalur tulis itu orang2 yang kalau di film2 indo jaman dulu uda minum air rebusan bukunya, jadi semua isi buku itu uda ada di otak dia. padahal nggak. saingan kita sama kayak kita, sama2 orang yang belajar mulai dari 0, sama2 kerja keras untuk mencapai level inteligensi yang dia miliki sekarang.

4. bersakit di hulu, bersenang kemudian
ketika kamu sedang belajar dan kamu bertemu dengan materi yang sangat sulit, dan kamu rasanya ingin menyerah, segera bayangkan, apa saja hal2 menyenangkan yang bisa kamu lakukan setelah masuk jurusan yang kamu inginkan, seperti bertemu teman baru, menjelajahi tempat2 yang belum kamu kunjungi, mempelajari sesuatu yang baru, lalu kamu bayangkan yang harus kamu lakukan untuk mencapai itu semua adalah mengerti materi pelajaran itu. walaupun itu susah, tapi hasilnya sepadan kan?

5. tenang
keep calm, and do the problems. jangan terlalu stres saat belajar ataupun saat mengerjakan soal.

6. berdoa
yah, apapun usaha kita, tetap Tuhan yang menentukan bagaimana hasil yang kita dapat.

semoga bermanfaat yah, dan bagi yang ikut jalur undangan juga semoga diterima :D

2 komentar: