Kamis, 20 Maret 2014

Nyontek Menjadi Budaya?

balik lagi kesini..

berhubung gw uda ngantuk dan emang lagi males ngomong apa2, jadi langsung aja ke intinya. jadi ceritanya gw (masih) iseng main2 ke sebuah grup tentang snmptn, sampai ada sebuah post yang menarik. intinya, dia bertanya apa yang bakal kita lakukan kalau ngeliat temen kita nyontek pas lagi ujian.

berhubung gw lagi males komen, gw biarin aja post itu. beberapa jam kemudian, gw ngeliat post itu uda lumayan banyak komennya. pas gw baca komen2nya... gw gak tau mesti ngomong apa


buat yang gak keliatan, di komen itu ada yang ngomong gini:
"namanya juga pelajar, wajarlah kalo nyontek, biarin lah yang curang kayak gitu pasti bakal dapat ganjarannya kok, jadi santai aja, gak usah pakek ngomong ke guru. ntr dikira sok suci lah, sok pinter lah"

silakan sebut gw munafik, karena pada kenyataannya gw emang pernah nyontek, tapi tetep aja gw gak bisa kalimat "namanya juga pelajar, wajarlah kalo nyontek"

apa semua pelajar itu pasti nyontek?

apa nyontek itu uda jadi "budaya" bagi pelajar?

apa tulisan "dilarang mencontek" sudah tidak berarti apa2 bagi pelajar?

1 komentar:

  1. hai..lam kenal. gw ..ketawa sendiri bca blog kiky. lucu yaa zaman se keren ini masih banyak yg nyontek . padahal sangat disayangkan...yang gw tau anak2 muda sekarang pinter2 , apa termasuk pinter ngibul yaa??? kidding . Dulu waktu gw sma ..mungkin kiky masih bayi kali yaa.... gw ratunya nyontek n ga tanggung... bawa buku sekalian ... padahal waktu itu ebtanas lhoo. Tapi setelah gw kuliah..gw pikir tidak baik n bikin otakk kita jadi bodoh. mulai saat itu gw tanamkan ....dilarang keras buat nyontek, atau nyuri ide orang lain. apapun hasilnya kalau ..dari kita belajar gw yakin hasilnya akan buat kita lebih bangga. kiky masih belajar....untuk masa depan ...kejujuran adalah penting..gw rasa klo kiky inget pastii kejujuran akan membawa kesuksesan...

    BalasHapus